Jumat, 19 Oktober 2012

Pengertian ISD


Pengertian Ilmu

Kata ilmu secara etimologi berarti tahu atau pengetahuan. Menurut ensiklopedia pengertian ilmu adalah “Ilmu pengetahuan yaitu suatu system dari berbagai pengetahuan mengenai suatu lapangan pengetahuan tertentu, yang disusun sedemikian rupa menurut asas-asas tertentu, sehingga menjadi kesatuan suatu system dari pelbagai pengetahuan yang masing-masing didapatkan sebagai hasil pemeriksaan yang dilakukan secara teliti dengan memakai metode tertentu. Dan definisinya bahwa ilmu itu adalah sekumpulan pengetahuan yang diorganisir secara sistematis berdasarkan pengalaman dan pengamatan yang kemudian dihubungkan berdasarkan pemikiran yang cermat dan teliti dan dapat dipertanggungjawabkan dengan berdasarkan metode.


PENGERTIAN SOSIAL

  Istilah sosial (social dalam bahasa inggris )dalam ilmu sosil memiliki artiyang berbeda –beda ,misalkan istilah sosial dalam sosialialisme dengan istilah bepartemen sosial ,jelas keduanya menunjukan makna yang sangat jauh berbeda.Menurut Soekanto apabila istilah sosial pada ilmu sosial mrnunjuk padaobjeknya,yaiti masyarakat sosialisme adalah suatu ideologi yang pokok pada prinsip pemilikan umum alat-alat atau produksi dan jasa –jasa bidangekonomi .sedangkan istilah sosial pada departemen sosial menunjuk padakegiatan –kegiatan di lapangan sosial .Artinya kegiatan –kegiatan yangditunjukan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakatdalam bidang kesejahteraan ,sepeti tuna karya,tuna susila,tuna wisma,orang jompo,anak yatim piatu,dan lain-lain.Selain itu Soekanto mengemukakan bahwaistilah sosial pun berkenaan dengan prilaku interpersonal,atau yang berkaitandengan proses-proses sosial.Secara keilmuan,masyarakat yang menjadi objek kajian ilmu-ilmu sosial ,dapat dilihat sebagai suatu yang terdiri dari berbagaisegi .Dilihat dari segi ekonomi akan bersangkut paut dengan paktor produkdi,distribusi,penggunaan barang-barang serta jasa-jasa .Dari segi politik antaralain berhubungan dengan penggunaan kekuasan dalam masayarakat.Dari segiantropologi budaya lebih menekanka pada masyarakat dan kebudayaanya,dan begitu seterusnya untuk ilmu-ilmu sosial yang lainya,seperti geografisosial,sejarah,maupun sosiologinya .


PENGERTIAN ISD
Ilmu Sosial Dasar itu sendiri adalah ilmu pengetahuan yang membahas masalah sosial dari berbagai aspek ilmu pengetahuan yang pembahasaannya searah atau mendukung dengan apa yang terkait . Ilmu sosial dasar bukanlah ilmu yang disiplin tersendiri, karena tidak mempunyai obyek tesendiri dalam pengembangannya, dan juga bukan gabungan dari ilmu-ilmu sosial lainnya karena masaing-masingnya mempunyai obyek-obyeknya sendiri sehingga sangat tidak mungkin untuk dipadukan. Jadi ilmu social dasar  hanya khusus dirancang untuk perguruan tinggi.

TUJUAN
1. Untuk memberikan pengetahuan yang menyangkut hal sosial
2. Untuk memberikan pengertian tentang gejal sosial
3. Untuk memahami akan masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat
4. Untuk menyadari apa yang sedang terjadi didalam kehidupan sosial
5. Untuk dapat berinteraksi dengan kehidupan bermasyarakat
6. Untuk dapat membuat kita peka dan serya berpartisipasi dalam menangani masalah – masalah yang terjadi dimasyarakat

PERBEDAAN dan PERSAMAN IPS dengan ISD
- Perbedaan ;
      Ilmu Sosial Dasar (ISD) didapatkan di Perguruan Tinggi dan menjadi mata kuliah tunggal yang mengarah untuk pembentukan kepribadian dan tidak dapat dipadukan dengan objek-objek lain.
     Sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan pada saat sekolah lanjutan dari kelompok mata pelajaran untuk mengarah pembentukan keterampilan intelektual dan pergabungan dari beberapa objek-objek ilmu pengetahuan .
- PERSAMAAN ;
    Keduanya digunakan untuk bahan pengajaran dalam pendidikan yang mempunyai materi tentang kehidupan serta masalah sosial yang mengarah mahsiswa dan juga siswa membentuk rasa peka akan kehidupan sosial serta menyadari dan menangani  tentang masalah yang akan terjadi dalam kehidupan bermasyarakat .

RUANG LINGKUP ISD
• Kegiatan sosial dalam masyarakat
• Konsep atau pengertian tentang kenyataan sosial
• Masalah yang timbul dalam masyarakat
Keluarga merupakan media terdekat dalam proses bersosialisasi. Begitu seorang bayi dilahirkan, ia sudah berhubungan dengan kedua orang tuanya, kakak-kakaknya, dan mungkin dengan saudara dekat lainnya. Sebagai anggota keluarga yang baru di lahirkan, ia sangat tergantung pada perlindungan dan bantuan anggota-anggota keluarganya. Proses bersosialisasi berawal  dimulai dengan proses belajar menyesuaikan diri dan mengikuti setiap apa yang diajarkan oleh orang-orang dekat sekitar lingkungan keluarganya, seperti belajar makan, berbicara, berjalan, hingga belajar bertindak dan berperilaku.
Dalam keluarga, orang tua mencurahkan perhatian untuk mendidik anaknya agar anak tersebut memperoleh dasar-dasar pola pergaulan hidup yang disiplin sehingga membentuk kepribadian yang baik.
Oleh karena itu, orang tua sangat berperan bagi anak untuk :
1. selalu dekat dengan anak-anaknya,
2. memberi pengawasan dan pengendalian yang wajar,sehingga jiwa anak tidak merasa tertekan,
3. mendorong agar anak dapat membedakan antara benar dan salah,baik dan buruk,pantas dan tidak pantas jika nanti ia bersosialisasi dengan orang yang memiki sifat seperti itu dan tidak akan mengikuti perilaku yg tidak baik.
4. ibu dan ayah dapat membawakan peran sebagai orang tua yang baik serta menghindarkan perbuatan dan perlakuan buruk serta keliru di hadapan anak-anaknya,dan
5. menasihati anak-anaknya jika melakukan kesalahan serta menunjukkan dan mengarahkan mereka ke jalan yang benar.
Apabila terjadi suatu kondisi yang berlainan dengan hal di atas, maka anak-anak akan mengalami kekecewaan. kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
1. orang tua kurang memperhatikan anaknya, terlalu sibuk dengan kepentingan-kepentingannya, sehingga anak merasa diabaikan, hubungan anak dengan orang tua menjadi jauh, padahal anak sangat memerlukan kasih saying mereka, dan
2. Orang tua terlalu memaksakan kehendak kepada anak sehingga sang anak menjadi tertekan jiwanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar